Kunjungan industri


LAPORAN KEGIATAN KUNJUNGAN INDUSTRI
PUSTEKOM








                                                                                 
Disusun Oleh :
Nama               : Widayanti
No.                  : 21
Kelas               : XII RPL 1





SMK MUHAMMADIYAH 04 BOYOLALI
TAHUN PELAJARAN 2019 / 2020





























KATA PENGANTAR

Puji syukur selalu saya panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa yang
telah melimpahkan rahmat dan hidayahnya sehingga laporan kunjungan industri
ini dapat diselesaikan. Sholawat serta salam semoga tercurahkan kepada Nabi
Muhammad SAW. Serta kepada para sahabatnya dan kepada seluruh umatnya.
  dan saya menyadari bahwa dalam penyusunan laporan kunjungan industri masih banyak kekurangan. Karena keterbatasan pengetahuan dan kemampuan, untuk itu kritik dan saran yang membangun dari pembaca sangat diharapkan demi kesempurnaan Laporan Praktik Industri ini. Demikian kata pengantar ini saya buat, semoga dapat bermanfaat, khususnya bagi saya pribadi sendiri dan pembaca pada umumnya.






Boyolai, Agustus 2019
WIDAYANTI
Penyusun






















LEMBAR PENGESAHAN
Laporan ini telah diperiksa dan disetujui pada tanggal .......................     2019






  Mengetahui                                                                       Boyolali,....................2019                                                                
Description: Image result for LOGO smk muhammadiyah 04 BOYOLALIDescription: Image result for LOGO smk muhammadiyah 04 BOYOLALI Kapro RPL                                                                             Wali Kelas





















 Agus Purwadi, ST                                                                Isti Hidayati, S.Pd


 Nip.                                                                                        Nip.




































Daftar Isi :


BAB. I PENDAHULUAN


A. Latar Belakang Kunjungan Industri ..................................................................
B. Tujuan Kunjungan Industri ...................................................................
C. Manfaat Kunjungan Industri ........................................................................
D. Waktu Kunjungan Industri ............................................................................

BAB. II GAMBARAN UMUM

A. Sejarah Perusahaan ....................................................................................................
B. Visi dan Misi Perusahaan ..............................................................
C. Susunan Organisasi ....................................................................................

BAB. III LAPORAN KUNJUNGAN INDUSTRI

A. Pelaksanaan Kegiatan ....................................................................................................
B. Hasil Kegiatan ..............................................................

BAB. IV PENUTUP

A. Kesimpulan ....................................................................................................
B. Saran ..............................................................

LAMPIRAN

Foto-foto kegiatan




















BAB I
 PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang

     Latar belakang diadakanya kunjungan industri ini agar siswa mengenal dunia kerja. Selain itu siswa dapat mengetahui lebih jauh tentang cara kerja, kedisiplinan, tata tertib kerja , mesin – mesin industri yang lebih memadai, dll.
Siswa juga diharapkan tidak menganggap kunjungan industri sebagi rekreasi, tapi menganggap kunjungan industri sebagai sarana belajar dengan cara mendatangi industri secara langsung, dan melihat urutan – urutan proses kerja di industri tersebut.
Kunjungan industri dipilih untuk menambah pengalaman siswa tentang dunia kerja. Siswa dituntut untuk aktif menggali informasi tentang kunjungan industri untuk memperoleh pengetahuan tentang dunia industri. Kunjungan industri dilakukan untuk memberikan gambaran kepada siswa tentang industri dan proses produksi di bidang bisnis dan managemen. Siswa harus membandingkan proses produksi di dunia kerja dengan ilmu yang diperoleh di sekolah. Siswa diwajibkan membuat laporan atas informasi yang di peroleh selama kunjungan industri tentang perusahaan yang bersangkutan.

B.      Tujuan Kunjungan Industri

Tujuan dari kegiatan kunjungan Industri ini adalah untuk mengenalkan
siswa SMK Muhammadiyah 04 Boyolali pada Dunia Industri.

C.     Manfaat Kunjungan Industri

Ada beberapa tujuan diadakannya kunjungan industri bagi siswa sebagai berikut:
1.      Memperluas pengatahuan siswa dalam lingkungan dunia kerja.
2.      Mendorong siswa agar mempunyai minat bekerja di perusahaan.
3.      Memberi informasi tentang cara kerja dan tenaga kerja perusahaan.
4.      Mendorong siswa agar mempunyai rasa kedisiplinan dan tanggung jawab.

D.    Waktu

Kegiatan kunjungan industri ini dilaksanakan pada :
Hari / Tanggal : Selasa / 23 Juli 2019
Waktu : 13.00 wib















BAB II
GAMBARAN UMUM


A. Sejarah Perusahaan

Tahun 1976
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan membentuk tim TKPK (Teknologi Komunikasi untuk Pendidikan dan Kebudayaan) berkedudukan di Jakarta, Semarang, Yogyakarta, dan Surabaya.
Tahun 1978
Tim TKPK ditingkatkan menjadi Pusat Teknologi Komunikasi Pendidikan dan Kebudayaan, disingkat Pusat TKPK, yang sekarang ini dikenal dengan sebutan PUSTEKKOM berdasarkan Surat Keputusan Presiden nomor 27 tahun 1978.
Tahun 2000
Pustekkom memperluas lingkup kerjanya dengan menambahkan unsur teknologi informasi ke dalam bidang tugasnya, sehingga nama lembaga ini menjadi Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan, dengan akronim tetap PUSTEKKOM (ICT Center for Education).
Tahun 2005
Pustekkom berada langsung di bawah Sekretariat Jenderal Departemen Pendidikan Nasional sesuai dengan Permendiknas No. 23 Tahun 2005 tentang Organisasi dan Tata Kerja Pusat-pusat di lingkungan Departemen Pendidikan Nasional.
Sampai saat ini Pustekkom mempunyai 3 Balai Pengembang Media dan sejumlah unit pelaksana teknis (UPT) di daerah berupa 30 UPTD/Balai Tekkom.
B. Visi dan Misi Perusahaan
Ø  Visi :
1. Meningkatkan kualitas tata kelola birokrasi berbasis TIK di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
2. Meningkatkan akses layanan TIK untuk pengembangan pendidikan dan kebudayaan
3. Meningkatkan kualitas layanan pendidikan melalui penerapan pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi (epembelajaran)
 4. Meningkatkan ketersediaan bahan belajar dan model media pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi;
 5. Meningkatkan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan dalam pendayagunaan teknologi informasi dan komunikasi untuk pendidikan dan kebudayaan.
Ø  Misi :
1) mewujudkan pelaku pendidikan dan kebudayaan yang kuat;
2) mewujudkan akses yang meluas dan merata;
 3) mewujudkan pembelajaran yang bermutu;
4) mewujudkan pelestarian kebudayaan dan pengembangan bahasa;
5) mewujudkan penguatan tata kelola serta peningkatan efektivitas brokrasi dan pelibatan publik.
C. Susunan Organisasi




BAB III
LAPORAN KUNJUNGAN INDUSTRI
A. Pelaksanaan Kegiatan

HARI KE
WAKTU
KEGIATAN
Hari 1
12.00 – 13.00
Kumpul di SMK Muhammadiyah 04 Boyolali dan berangkat ke Jakarta

17.00-18.45
Isoma dan menuju Jakarta
Hari II
03.00-05.30
Transit di RM. Isoma dan menuju kunjungan industri pemasaran

10.15-13.00
Tiba di kunjungan industri PUSTEKOM

14.00-16.00
isoma dan melanjutkan perjalanan ke bandung

19.00-20.30
Tiba di Cibaduyut

23.00-07.30
translit dan isoma
Hari III
10.15-12.00
Tiba ke foating market

12.30-1300
Isoma dan melanjutkan perjalanan

14.00-16.30
Ke pemandian air hanggat

16.00 – 18.00
Isoma dan melanjutkan perjalanan pulang

18.30 – 19.00
Meninggalkan kota Bandung

02.30
Tiba di SMK Muhammadiyah 04 Boyolali
B. Hasil Kegiatan
Ø   PUSTEKOM
Di PT. PUSTEKOM kita bisa belajar banyak hal yaitu cara membuat dan mengedit siaran langsung dan tidak langsung di tv, dan disana saya juga diajak untuk berkeliling melihat proses pembuatan film pendek tentang pendidikan, dan saya juga diajak untuk bermain disana.








BAB IV
PENUTUP

4.1. KESIMPULAN
Dengan mengikuti kegiatan industri ini saya dapat mengetahui bagaimana cara mengedit film pendek dan cara mengatur suara dalam film tersebut.
4.2. Saran
·         Sebaiknya acara tersebut harus sesuai jadwal yang telah ditetapkan
·         Kritik dan saran sebaiknya tempat wisatanya harus lebih banyak dan menarik.










































LAMPIRAN

Foto-foto kegiatan




























Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resum Teori akutansi bab 8 pendapatan Suwardjono

Resum bab 9 Biaya Teori akutansi suwarjhono

Tutorial Membuat CRUD Dengan Framework CodeIgnite