Kunjungan industri
LAPORAN KEGIATAN
KUNJUNGAN INDUSTRI
PUSTEKOM
Disusun Oleh :
Nama :
Widayanti
No. :
21
Kelas :
XII RPL 1
SMK MUHAMMADIYAH 04
BOYOLALI
TAHUN PELAJARAN 2019 /
2020
KATA PENGANTAR
Puji syukur selalu saya panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa yang
telah melimpahkan rahmat dan hidayahnya sehingga laporan kunjungan industri
ini dapat diselesaikan. Sholawat serta salam semoga tercurahkan kepada Nabi
Muhammad SAW. Serta kepada para sahabatnya dan kepada seluruh umatnya.
dan saya menyadari bahwa dalam penyusunan laporan kunjungan industri masih banyak kekurangan. Karena keterbatasan pengetahuan dan kemampuan, untuk itu kritik dan saran yang membangun dari pembaca sangat diharapkan demi kesempurnaan Laporan Praktik Industri ini. Demikian kata pengantar ini saya buat, semoga dapat bermanfaat, khususnya bagi saya pribadi sendiri dan pembaca pada umumnya.
Boyolai, Agustus 2019
WIDAYANTI
Penyusun
Penyusun
LEMBAR PENGESAHAN
Laporan ini telah diperiksa dan disetujui pada tanggal ....................... 2019
Mengetahui Boyolali,....................2019
Agus Purwadi, ST Isti
Hidayati, S.Pd
Nip. Nip.
Daftar Isi :
BAB. I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Kunjungan Industri ..................................................................
B. Tujuan Kunjungan Industri ...................................................................
C. Manfaat Kunjungan Industri ........................................................................
D. Waktu Kunjungan Industri ............................................................................
BAB. II GAMBARAN UMUM
A. Sejarah Perusahaan ....................................................................................................
B. Visi dan Misi Perusahaan ..............................................................
C. Susunan Organisasi ....................................................................................
BAB. III LAPORAN KUNJUNGAN INDUSTRI
A. Pelaksanaan Kegiatan ....................................................................................................
B. Hasil Kegiatan ..............................................................
A. Pelaksanaan Kegiatan ....................................................................................................
B. Hasil Kegiatan ..............................................................
BAB. IV PENUTUP
A. Kesimpulan
....................................................................................................
B. Saran ..............................................................
B. Saran ..............................................................
LAMPIRAN
Foto-foto kegiatan
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Latar belakang diadakanya
kunjungan industri ini agar siswa mengenal dunia kerja. Selain itu siswa dapat
mengetahui lebih jauh tentang cara kerja, kedisiplinan, tata tertib kerja ,
mesin – mesin industri yang lebih memadai, dll.
Siswa juga diharapkan tidak menganggap kunjungan
industri sebagi rekreasi, tapi menganggap kunjungan industri sebagai sarana
belajar dengan cara mendatangi industri secara langsung, dan melihat urutan –
urutan proses kerja di industri tersebut.
Kunjungan industri dipilih untuk menambah pengalaman
siswa tentang dunia kerja. Siswa dituntut untuk aktif menggali informasi
tentang kunjungan industri untuk memperoleh pengetahuan tentang dunia industri.
Kunjungan industri dilakukan untuk memberikan gambaran kepada siswa tentang
industri dan proses produksi di bidang bisnis dan managemen. Siswa harus
membandingkan proses produksi di dunia kerja dengan ilmu yang diperoleh di
sekolah. Siswa diwajibkan membuat laporan atas informasi yang di peroleh selama
kunjungan industri tentang perusahaan yang bersangkutan.
B. Tujuan Kunjungan Industri
Tujuan dari kegiatan kunjungan Industri ini adalah
untuk mengenalkan
siswa SMK Muhammadiyah 04 Boyolali pada Dunia Industri.
siswa SMK Muhammadiyah 04 Boyolali pada Dunia Industri.
C. Manfaat Kunjungan Industri
Ada beberapa tujuan diadakannya
kunjungan industri bagi siswa sebagai berikut:
1. Memperluas
pengatahuan siswa dalam lingkungan dunia kerja.
2. Mendorong
siswa agar mempunyai minat bekerja di perusahaan.
3. Memberi
informasi tentang cara kerja dan tenaga kerja perusahaan.
4. Mendorong
siswa agar mempunyai rasa kedisiplinan dan tanggung jawab.
D. Waktu
Kegiatan kunjungan industri ini dilaksanakan pada :
Hari / Tanggal : Selasa / 23 Juli 2019
Waktu : 13.00 wib
Hari / Tanggal : Selasa / 23 Juli 2019
Waktu : 13.00 wib
BAB II
GAMBARAN UMUM
A. Sejarah Perusahaan
Tahun
1976
Menteri
Pendidikan dan Kebudayaan membentuk tim TKPK (Teknologi Komunikasi untuk
Pendidikan dan Kebudayaan) berkedudukan di Jakarta, Semarang, Yogyakarta, dan
Surabaya.
Tahun
1978
Tim TKPK
ditingkatkan menjadi Pusat Teknologi Komunikasi Pendidikan dan Kebudayaan,
disingkat Pusat TKPK, yang sekarang ini dikenal dengan sebutan PUSTEKKOM
berdasarkan Surat Keputusan Presiden nomor 27 tahun 1978.
Tahun
2000
Pustekkom
memperluas lingkup kerjanya dengan menambahkan unsur teknologi informasi ke
dalam bidang tugasnya, sehingga nama lembaga ini menjadi Pusat Teknologi
Informasi dan Komunikasi Pendidikan, dengan akronim tetap PUSTEKKOM (ICT
Center for Education).
Tahun
2005
Pustekkom
berada langsung di bawah Sekretariat Jenderal Departemen Pendidikan Nasional
sesuai dengan Permendiknas No. 23 Tahun 2005 tentang Organisasi dan Tata Kerja
Pusat-pusat di lingkungan Departemen Pendidikan Nasional.
Sampai
saat ini Pustekkom mempunyai 3 Balai Pengembang Media dan sejumlah unit
pelaksana teknis (UPT) di daerah berupa 30 UPTD/Balai Tekkom.
B. Visi dan Misi Perusahaan
Ø Visi :
1.
Meningkatkan kualitas tata kelola birokrasi berbasis TIK di lingkungan
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
2.
Meningkatkan akses layanan TIK untuk pengembangan pendidikan dan kebudayaan
3.
Meningkatkan kualitas layanan pendidikan melalui penerapan pembelajaran
berbasis teknologi informasi dan komunikasi (epembelajaran)
4. Meningkatkan ketersediaan bahan belajar dan
model media pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi;
5. Meningkatkan kompetensi pendidik dan tenaga
kependidikan dalam pendayagunaan teknologi informasi dan komunikasi untuk pendidikan
dan kebudayaan.
Ø Misi :
1)
mewujudkan pelaku pendidikan dan kebudayaan yang kuat;
2)
mewujudkan akses yang meluas dan merata;
3) mewujudkan pembelajaran yang bermutu;
4)
mewujudkan pelestarian kebudayaan dan pengembangan bahasa;
5)
mewujudkan penguatan tata kelola serta peningkatan efektivitas brokrasi dan
pelibatan publik.
C. Susunan Organisasi

BAB III
LAPORAN KUNJUNGAN INDUSTRI
A. Pelaksanaan
Kegiatan
HARI KE
|
WAKTU
|
KEGIATAN
|
Hari 1
|
12.00 – 13.00
|
Kumpul di SMK Muhammadiyah 04 Boyolali dan
berangkat ke Jakarta
|
17.00-18.45
|
Isoma dan menuju Jakarta
|
|
Hari II
|
03.00-05.30
|
Transit di RM. Isoma dan menuju
kunjungan industri pemasaran
|
10.15-13.00
|
Tiba di kunjungan industri PUSTEKOM
|
|
14.00-16.00
|
isoma dan melanjutkan perjalanan ke
bandung
|
|
19.00-20.30
|
Tiba di Cibaduyut
|
|
23.00-07.30
|
translit dan isoma
|
|
Hari III
|
10.15-12.00
|
Tiba ke foating market
|
12.30-1300
|
Isoma dan melanjutkan perjalanan
|
|
14.00-16.30
|
Ke pemandian air hanggat
|
|
16.00 – 18.00
|
Isoma dan melanjutkan perjalanan pulang
|
|
18.30 – 19.00
|
Meninggalkan kota Bandung
|
|
02.30
|
Tiba di SMK Muhammadiyah 04 Boyolali
|
B. Hasil Kegiatan
Ø PUSTEKOM
Di PT. PUSTEKOM kita
bisa belajar banyak hal yaitu cara membuat dan mengedit siaran langsung dan
tidak langsung di tv, dan disana saya juga diajak untuk berkeliling melihat
proses pembuatan film pendek tentang pendidikan, dan saya juga diajak untuk
bermain disana.
BAB IV
PENUTUP
4.1. KESIMPULAN
Dengan mengikuti
kegiatan industri ini saya dapat mengetahui bagaimana cara mengedit film pendek
dan cara mengatur suara dalam film tersebut.
4.2. Saran
· Sebaiknya acara tersebut
harus sesuai jadwal yang telah ditetapkan
· Kritik dan saran
sebaiknya tempat wisatanya harus lebih banyak dan menarik.
LAMPIRAN
Foto-foto kegiatan




Komentar
Posting Komentar